Cara Mengatasi Laptop Dan Komputer Yang Sering Mati Sendiri

Pada kondisi tertentu laptop dan komputer tiba-tiba dapat mati sendiri. Mati sendiri yang dimaksud di sini bukan karena disetting untuk mati pada waktu tertentu tapi komputer dan laptop yang mati tanpa direncanakan. Misalnya ketika Anda sedang mengerjakan sesuatu tapi tiba-tiba laptop Anda mati. Anda dapat kehilangan pekerjaan Anda jika belum menyimpannya sebelum laptop mati. Namun, masalah laptop mati ini sering terjadi berulang-ulang dan tanpa diketahui kapan akan terjadi. Masalah komputer yang mati secara tiba-tiba ini masih bisa diatasi dengan beberapa cara. Namun, Anda juga harus mengetahui dulu apa penyebabnya karena cara mengatasi laptop dan komputer disesuaikan juga dengan sebabnya.

Pertama, jika laptop mati karena overheating atau terlalu panas. Komputer atau laptop yang terlalu panas dapat tiba-tiba mati sendiri. Laptop bisa menjadi sangat panas karena beberapa hal, salah satunya adalah meletakkan laptop di tempat yang tidak tepat. Cara untuk menghindarinya adalah letakkan laptop di atas meja atau lantai yang dingin. Jika Anda merasa laptop sudah mulai terasa panas, maka matikan dulu laptop dan komputer agar beristirahat. Jika sudah terasa lebih dingin, baru nyalakan dan digunakan kembali. Kedua, laptop tiba-tiba mati karena ada virus. Ini mungkin akan sulit dideteksi jika Anda tidak menggunakan anti virus. Segera instal anti virus di laptop dan komputer Anda untuk membersihkannya sebelum terlambat dan semakin rusak. Ketiga karena masalah RAM yang tidak sesuai dengan kapasitas laptop atau komputer.

Kebanyakan orang melakukan upgrade RAM menjadi lebih besar. Sayangnya ukuran RAM yang terlalu besar kadang tidak akan kuat dimiliki oleh laptop tertentu sehingga laptop tiba-tiba mati sendiri. Untuk itu, gunakan RAM dengan kapasitas yang sesuai dengan kemampuan laptop Anda. Terakhir karena bagian mesin yang kotor, misalnya kipas laptop. Mesin yang berdebu dan kotor akan mengganggu kerja laptop sehingga Anda harus segera membersihkannya. Menggunakan cara-cara tersebut, laptop Anda dapat terhindar dari kejadian mati mendadak. Anda harus menjaga laptop dan komputer Anda sebaik mungkin agar tidak mudah rusak.

Related posts:

by

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.